Air Terjun Sekumpul Singaraja

Air Terjun Sekumpul Singaraja
Air Terjun Sekumpul Singaraja

Air Terjun Sekumpul Singaraja – Apakah anda tertarik liburan mengunjungi beberapa Tempat Wisata di Bali utara yang menarik dan indah ? Jika iya, kunjungilah objek wisata Air Terjun Sekumpul di Buleleng Bali.

Hai sahabat rbell, jumpa lagi dengan rbelltour penulis blog informasi seputar Wisata Bali, yang kali ini akan Review Objek Wisata Air Terjun Sekumpul Singaraja di kabupaten Singaraja propinsi Bali.

Informasi ini masih kelanjutan dari postingan seputar Daftar Air Terjun di Buleleng Bali seperti Air Terjun Colek Pamor, Air Terjun Nungnung, Air Terjun Gitgit, Air Terjun Bertingkat, Air Terjun Campuhan, Air Terjun Yeh Mampeh.

Nah lalu, bagaimana sih daya tarik wisata Air Terjun di Singaraja  ini ? berapa harga tiket masuknya ? dimana alamat dan bagaimana cara menuju ke sana ?

Baiklah di bawah ini kami rbelltour bali akan mengupas secara detil dan lengkap informasinya khusus bagi anda pembaca setia rbelltour.com


AIR TERJUN SEKUMPUL SINGARAJA

Air Terjun Sekumpul Singaraja di Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng Bali.
Sahabat rbell, bicara seputar Tempat Wisata di Bali yang sangat terkenal bahkan popularitasnya sudah mendunia, pasti jawabannya adalah Pantai Pasir Putih di Bali.

Pulau Dewata memang telah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang menyukai exotisme wisata pantai, sehingga setiap waktu pantai di Bali selalu dipenuhi pengunjung baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik.

Pantai Kuta, Pantai Sanur, Pantai Pandawa dan objek wisata pantai pasir putihnya yang sedang populer saat ini Pantai di Nusa Dua ( Pantai Geger, Pantai Sawangan, Pantai Mengiat dan Pantai Samuh ) adalah beberapa destinasi pantai Bali yang bagus.

Namun demikian seiring berjalannya waktu, kini ada  tempat wisata alam di Bali lainnya yang tidak kalah bagus dan menarik minat banyak turis untuk mengunjungi.

Tempat wisata di Bali tersebut adalah kawasan-kawasan wisata air terjun yang banyak tersebar di seluruh wilayah Pulau Bali, salah satunya adalah Air Terjun Sekumpul Singaraja.

Air Terjun ini sesuai dengan namanya terletak di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali Indonesia.

Lokasinya berjarak sekitar 76 KM dari arah ibukota provinsi Bali Denpasar serta 20 KM dari arah ibukota kabupaten Buleleng Kota Singaraja.

Warga sekitar objek wisata air terjun ini pun populer menyebut nama air terjun ini dengan julukan nama Air Terjun Gerombong dan juga Air Terjun Pemuatan.

Popularitas Air Terjun di Singaraja Bali ini memang tengah menjadi pembicaraan hangat para netizen di media sosial dengan penampakan foto-foto keindahan air terjunnya.

Air Terjun Sekumpul Singaraja di Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng Bali
Sejumlah wisatawan bahkan saat ini banyak sekali yang tertarik untuk datang ke tempat wisata Air Terjun Sekumpul di Buleleng Bali ini.

Sahabat rbell, Air Terjun Sekumpul ini ternyata lokasinya cukup dekat dengan lokasi air terjun lainnya, yaitu Air Terjun Lemukih, yaitu jaraknya sekitar 2 km.

Pintu masuk air terjun Sekumpul ini berada di sebelah kiri jalan raya, dimana jika dari Air Terjun Lemukih anda tinggal mengambil arah jalan lurus sejauh 1 km.

Kontur jalannya berupa jalanan kecil sempit atau setapak (ada petunjuk plang di sebelah kanan jalan) di sebuah lokasi pertigaan.

Ikuti jalan kecil tersebut sejauh kira-kira 1 km hingga tiba di tempat parkir. Kondisi jalan kecil tersebut adalah jalan kampung yang berbelok-belok naik turun.

Nah lalu, hal menarik apa sih sehingga Air Terjun Sekumpul di Singaraja Bali ini  begitu populer di dunia maya dan menjadi buruan wisatawan baik mancanegara maupun wisatawan dalam negeri?

Yuk lanjutkan saja membaca informasinya di bawah ini, rbell jamin, anda juga akan segera tertarik dan penasaran untuk berkunjung ke sini.


DAYA TARIK WISATA AIR TERJUN SEKUMPUL SINGARAJA

Sahabat rbell, berikut ini adalah beberapa alasan yang wajib anda ketahui, kenapa anda harus datang mengunjungi tempat wisata air terjun sekumpul di Buleleng Bali.


AIR TERJUN DI SINGARAJA BALI YANG SANGAT INDAH

Air Terjun Sekumpul Singaraja di Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng Bali. Sahabat rbell, alasan pertama kenapa anda wajib mengunjungi objek wisata air terjun di Bali ini adalah begitu exotisnya air terjun sekumpul ini.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter, sehingga bisa dikatakan menjadi salah satu tempat wisata air terjun tertinggi yang ada di pulau Bali.

Hal menarik lainnya, di kawasan air terjun sekumpul ini ternyata ada 7 air terjun bagus lainnya yang letaknya terpisah dan berjauhan.

Namun demikian, dari ketujuh air terjun yang ada di kawasan itu, saat ini baru 2 lokasi air terjun di sini yang bisa diakses karena lokasinya cukup dekat.

Ya, jarak kedua air terjun ini memang cukup dekat dengan jalan utama, sedangkan sisanya yang lima, untuk mencapainya perlu usaha lebih untuk menaklukannya.

Yang menjadi unik dari 2 air terjun yang berdekatan ini adalah kedua air terjun ini memiliki ketinggian serta debit air yang berbeda.

Dan yang lebih menariknya lagi, sumber mata air kedua air terjun yang berdekatan ini juga ternyata dari sumber air yang berbeda.

Air terjun yang berada di sebelah kiri berasal dari sumber mata air, sedangkan untuk air terjun yang berada di sebelah kanannya bersumber dari aliran air sungai.

Untuk itu, jika pada saat musim hujan tiba, maka debit air terjun di sebelah kanan ini begitu berlimpah dan warnanya cokelat keruh.

Berbeda dengan air terjun sebelah kirinya, yang karena dari sumber mata air alami, maka airnya tetap jernih meski di musim penghujan.

Lalu bagaimana jika sahabat rbell ingin mengunjungi juga 5 lokasi air terjun lainnya di kawasan Sekumpul Waterfall Bali ini ?

Untuk ini, rbell punya saran, jika anda mau melakukannya, maka untuk alasan keamanan anda sebaiknya menggunakan jasa pemandu atau guide.

Banyak warga sekitar yang sudah sangat memahami seluk beluk kawasan sekumpul ini dan dengan senang hati bisa membantu anda untuk itu.

Bagaimana pun pemandangan alam di sekitar Air Terjun Sekumpul ini  begitu luar biasa, pemandangan air terjunnya sangat indah dan sangat menarik untuk dinikmati.


AIR TERJUN TERSEMBUNYI DI SINGARAJA BALI

Air Terjun Sekumpul Singaraja di Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng Bali. Sahabat rbell’s, inilah alasan kedua yang menjadikan banyak wisatawan, terutama kalangan turis asing mengunjungi kawasan wisata air terjun di desa Sekumpul Buleleng Bali.

Bahkan tempat wisata air terjun sekumpul ini, sangat populer bagi pengunjung asal mancanegara dengan julukan Seven Point Waterfall.

Meski harus menempuh perjalanan yang cukup jauh menembus hutan lebat dan usaha ekstra serta kehati-hatian karena rute jalannya yang terjal, namun seru menikmatinya.

Bisa dibayangkan, Setelah tiba di tempat parkir, kita harus melanjutkan perjalanan dengan cara berjalan kaki.

Kita ditantang untuk menyusuri jalan setapak menurun namun sudah di paving, menuruni ratusan anak tangga hingga menyeberangi sungai.

Kontur jalan paving ini lumayan cukup curam dan bahkan di beberapa titik kondisinya sangat licin karena berlumut.

Setelahnya jalan paving habis, tantangan lainnya menanti, yaitu berupa jalanan yang berganti menjadi jalan tanah setapak yang sempit hingga tiba di lokasi air terjun.

Nah, jika kita ingin mendekati ke dasar dimana lokasi air terjun berada, maka kita masih harus menuruni ratusan anak tangga kembali yang cukup curam.

Bahkan, kita juga harus siap-siap untuk menyebrangi aliran air sungai yang kedalamannya lumayan cukup dalam sekitar tinggi paha orang dewasa.

Tempatnya masih sangat alami, dimana di sekitarnya dikelilingi oleh kawasan hutan yang sangat rindang dengan pepohonan, dan udaranya sangat sejuk membuat nyaman tinggal di sini.

Banyak turis datang ke sini, karena mereka bisa beraktifitas wisata tanpa harus terganggu dengan banyaknya pengunjung yang lalu lalang di air terjun ini.

Dan hal lainnya yang membuat mereka sangat menikmati liburannya di sini adalah, kawasan ini sangat begitu bersih lingkungannya, dan terjaga sekali meski berada di tengah kawasan hutan.

Nah sahabat rbell’s, itulah 2 dari sekian banyaknya daya tarik wisata dari air terjun ini yang bisa anda saksikan langsung ketika datang ke sana.

Masih banyak hal seru lainnya yang bisa anda lakukan di sini seperti berfoto-foto bersama keluarga, teman atau bahkan berdua dengan pasangan anda.

Dan yang perlu sahabat tahu adalah, kawasan Air Terjun Sekumpul Buleleng ini juga menjadi lokasi favorit untuk melakukan pemotretan untuk foto Pre-wedding.

Jadi, jika anda sedang mencari alternatif tempat wisata yang bagus untuk sesi foto prewedding selain naik unta di Pantai Geger Nusa Dua, maka di sini adalah solusi terbaiknya.


KEGIATAN WISATA MENARIK DI AIR TERJUN SEKUMPUL SINGARAJA

Air Terjun Sekumpul Singaraja di Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng BaliSahabat traveler’s, ada banyak hal menarik yang bisa anda lakukan selama menghabiskan waktu di air terjun yang sangat indah ini.

Selain kegiatan berfoto yang sudah kang dian sebutkan di atas, termasuk melakukan sesi pemotretan pre-wedding, berikut kegiatan menarik lainnya di sini.

Yang pertama tentunya, sesampainya di lokasi anda bisa menikmati pesona alam berupa pemandangan air terjun yang dikelilingi pegunungan yang masih sangat alami.

Yang kedua, anda bisa menjajal bagaimana segar dan dinginnya kolam yang ada di bawah air terjun sekumpul ini dengan cara berenang atau sekedar berendam.

Yang ketiga, anda bisa melakukan aktifitas trekking, menyusuri jalan setapak dan menuruni anak tangga untuk menuju kawasan wisata air terjun di Bali ini.


FASILITAS WISATA AIR TERJUN SEKUMPUL SINGARAJA BALI

Sahabat traveler’s, belum banyak fasilitas wisata yang tersedia di dalam lokasi kawasan wisata air terjun di desa Sekumpul ini.

Saat tulisan ini dibuat, belum adanya fasilitas toilet dan kamar mandi yang berguna untuk bersihkan badan atau ganti pakaian dll.

Yang baru ada adalah fasilitas tempat peristirahtan berupa beberapa gazebo, serta jalan menuju lokasi air terjun yang sudah dibeton.

Sehingga bagi anda yang mau mengunjungi tempat wisata di Bali ini wajib mempersiapkan segala keperluan libur di sini dengan baik.


HARGA TIKET MASUK AIR TERJUN SEKUMPUL SINGARAJA

Sahabat rbell saat tulisan ini dibuat setiap pengunjung yang akan masuk lokasi air terjun ini dikenakan harga tiket Rp.2.000 ( Lokal ) dan Rp.5.000 ( Turis Asing ).


ALAMAT AIR TERJUN SEKUMPUL SINGARAJA

Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, Indonesia


JAM BUKA AIR TERJUN SEKUMPUL SINGARAJA

Untuk saat ini waktu operasional air terjun di desa sekumpul ini adalah setiap hari selama 24 jam.


RUTE JALAN KE AIR TERJUN SEKUMPUL DI SINGARAJA BULELENG BALI

Sahabat rbell, Lokasi air terjun sekumpul ini berjarak kurang lebih 76 km dari kota Denpasar dan sekitar 20 km dari kota Singaraja dengan waktu berkendara 1 jam-an..

Ada dua rute jalan yang bisa kita gunakan untuk menuju ke lokasi air terjun yang ada di desa sekumpul kecamatan sawan buleleng bali ini.

Yang pertama silahkan arahkan kendaraan anda menuju arah ke Singaraja dengan melewati rute jalan menuju Kawasan Wisata Bedugul.

Setibanya anda di kota Singaraja, selanjutnya adalah silahkan anda ambil arah menuju ke Kecamatan Sawan lalu ke Desa Sekumpul.

Untuk rute jalan yang kedua adalah setelah anda melewati Kawasan Wisata Bedugul sekitar 10 km dari sana nanti terdapat sebuah pertigaan kecil.

Nah tepat di pertigaan jalan tersebut silahkan ambil belokan ke arah kanan dan mengikuti terus jalan ini hingga tiba di pintu masuk Air terjun Sekumpul.

Jarak dari pertigaan hingga lokasi pintu masuk ini sekitar 12 km jauhnya.

Ada yang perlu sahabat perhatikan ketika mau menggunakan alternatif jalan kedua ini,

Kondisi jalanan rute kedua ini cukup sempit dan kontur jalannya berkelok-kelok naik turun dengan pemandangan bukit dan jurang di kanan kiri jalan.

Oleh karenanya bagi anda yang menggunakan kendaraan roda empat tidak disarankan melewati rute ini, namun kalau tetap memaksakan harus ekstra hati-hati.

Sebagian besar jalanan yang sebenarnya beraspal ini, namun kondisi jalannya sekarang sudah banyak yang terkelupas.

Bahkan, di beberapa lokasi, terlihat aspal sudah hilang sama sekali sehingga jalan berubah menjadi jalan tanah berbatu.

Hal lainnya yang harus anda perhatikan adalah di sepanjang jalan menuju air terjun ini, anda akan menjumpai banyak pertigaan.

Dan sayangnya, saat tulisan ini dibuat belum ada rambu-rambu yang baik sebagai petunjuk menuju ke lokasi air terjun sekumpul ini.

Sehingga untuk menghindari kejadian kesasar atau terlewat, rbelltour sarankan anda harus banyak bertanya ke penduduk sekitar yang dijumpai.



TRANSPORTASI KE AIR TERJUN SEKUMPUL SINGARAJA

Kami rbelltour menyediakan sarana transportasi untuk anda menjangkau objek objek wisata di bali seperti wisata ke air terjun sekumpul singaraja. Kami sudah melayani ribuan wisatawan yang berkunjung ke bali dan Untuk mengetahui harga dan caranya silahkan klik :





Nah sahabat rbell bagaimana ? cukup panjang kami  rbelltour menjelaskan informasi di atas, apakah anda tertarik untuk berkunjung ke sini ?

Jika iya, silahkan siapkan dari sekarang juga untuk mengunjungi salah satu Tempat Wisata di Bali yang menawarkan eksotisme air terjunnya, yaitu Air Terjun Sekumpul Singaraja.

Kalau ada tambahan informasi atau pertanyaan silahkan sahabat rbell tuliskan di kolom komentar.




Komentar