Lawar

lawar
Lawar
Lawar merupakan makanan tradisional khas Bali yang terdiri dari sayuran dan daging yang dicincang halus dicampur bumbu lengkap (base gede: bali) dan kelapa parut, kelapa ini dipanggang dulu sebelum diparut. Lawar pada mulanya dihidangkan pada upacara atau kegiatan adat di Bali, biasanya kegiatan ngelawar (membuat lawar) dilakuan secara bersama sama oleh masyarakat, tapi sekarang lawar sudah biasa dijual di semua tempat baik itu warung warung makan bahkan restaurant terkenal. Lawar sudah begitu terkenalnya bahkan sampai ke mancanegara, banyak wisatawan yang penasaran dan ingin mengetahui serta mencoba mencicipi lawar.

Penamaan lawar sendiri ada bermacam macam tergantung dari bahan daging apa yang digunakan serta sayuran apa yang dipakai membuat lawar tersebut, seperti.

PENAMAAN dari bahan DAGINGNYA 
  • Lawar celeng (babi), yaitu lawar yang bahan dagingnya menggunakan daging babi.
  • Lawar siap (ayam), lawar yang menggunakan daging ayam.
  • Lawar bebek, menggunakan daging bebek.
  • Lawar penyu, menggunakan daging penyu. Tapi mengingat pelestarian penyu penggunaan daging penyu sudah dilarang dan jarang masyarakat membuat lawar dari penyu.
  • Dan lainnya.
PENAMAAN dari bahan SAYURNYA 
  • Lawar nangke (nangka), ini yang paling umum sebagai bahan lawar, yaitu lawar yang menggunakan buah nangka muda yang direbus kemudian dicincang kecil kecil.
  • Lawar buah kacang (kacang panjang) menggunakan bahan kacang panjang yang direbus dan dicincang kecil.
  • Lawar gedang (pepaya), menggunakan buah pepaya muda sebagai bahan sayurnya biasanya di campur dengan nangka.
  • Lawar klungah (klungah=tempurung kelapa yang sangat muda).
PENAMAAN lawar dari WARNANYA
  • Lawar barak (merah), untuk lawar barak (merah) menggunakan darah untuk campurannya. Aslinya lawar Bali adalah lawar merah tapi kadar pencampuran darahnya di masing masing daerah di bali berbeda beda. Ada yang campuran darahnya banyak (daerah Singaraja) ada yang sedikit (daerah Badung, Gianyar, Tabanan).
  • Lawar putih yaitu lawar yang tidak menggunakan campuran darah.
PEMBUATAN LAWAR
Semua bahan sayur direbus dan dicincang kecil kecil, demikian juga bahan daging direbus kemudian dicincang kecil kecil kemudian bahan ini diaduk bersamaan dengan kelapa yang sudah dipanggang serta diparut juga bumbu lengkap yang sudah dimasak/ditumis. Untuk lebih lengkap, cara pembuatan lawar mungkin dalam postingan lain.

TEMPAT TEMPAT PENJUALAN LAWAR
Untuk di daerah Bali sangat gampang menemukan penjual lawar, hampir disemua daerah di Bali ada penjual lawar. Biasanya ditempat yang menjual babi guling pasti ada menu lawarnya. 
Untuk mengenal lebih jauh tempat tempat penjual lawar dan untuk mengunjungi tempat tempat lain di Bali. Silahkan klik sewa mobil murah bali. Sewa mobil+driver dengan harga murah.