Objek Wisata Desa Batubulan



LETAK ATAU LOKASI
Objek wisata Desa Batubulan merupakan sebuah desa wisata yang terkenal keseniannya yang berada di wilayah kecamatan Sukawati kabupaten Gianyar Propinsi Bali. Desa Batubulan terletak pada jalur Denpasar menuju Gianyar dan berjarak 10 km dari Denpasar serta 21 km dari pusat ibu kota Gianyar. Lokasi ini sangat strategis karena objek wisata desa Batubulan merupakan pintu gerbang utama ujung barat dari kabupaten Gianyar juga disini ada terminal yang menghubungkan Denpasar dengan daerah daerah wilayah timur. Untuk menjangkau desa Batubulan silahkan lihat paket sewa mobil murah.

SEJARAH SINGKAT DESA BATUBULAN
Nama Batubulan berasal dari ditemukannya batu yang bercahaya seperti bulan sehingga desa ini dinamakan desa Batubulan. Berdasar salah satu sumber babad, menyebutkan pada sekitar abad ke-17 terjadi pemberontakan di kerajaan Gelgel oleh I Gusti Agung Maruti. Semasa pemberontakan/perang ini terjadi seorang anak keturunan dari Dalem Sagening dipungut dan dibesarkan dibawah asuhan I Gusti Ngurah Bije dari Penatih dan I Gusti Ngurah Jambe Pule dari kerajaan Badung. Anak yang dipungut ini diberi nama Dewa Agung Kalesan. Nama kalesan karena sewaktu dipungut dulu  dia dibawa dengan dimasukan ke dalam keranjang/kalesan. Setelah anak ini Dewa Agung Kalesan menjadi dewasa dan atas kebaikan raja Badung diberikanlah Dewa Agung Kalesan untuk membuka hutan di daerah timur kerajaan Badung dan membangun istana disana dengan sejumlah pengikut. Pada saat perambasan hutan itulah ditemukan batu yang bersinar seperti bulan sehingga tempat yang baru dibuka ini dinamakan Batubulan. Saat ini batu yang tersebut disimpat di Merajan Agung Puri Batubulan.

KEHIDUPAN MASYARAKAT DESA BATUBULAN
Objek wisata Desa Batubulan pada awalnya adalah sebuah desa agraris yang kaya akan kesenian seperti seni tari dan seni ukiran. Struktur masyarakat agraris dan kebudayaan agraris yang dijiwai oleh agama Hindu menjadi dasar dari kehidupan masyarakatnya. Citra Batubulan sebagai daerah seni ditegaskan lagi dengan adanya beberapa sekolah kesenian di Batubulan, seperti :
  • Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI)
  • Sekolah Menengah Seni Rupa ( SMSR)
  • Sekolah Menengah Industri Kerajinan ( SMIK)
Keterbukaan desa Batubulan dalam perkembangan kepariwisataan dan dengan ditunjang oleh keseniannya dan keberadaannya yang strategis membuat desa Batubulan menjadi Desa Wisata.

Tempat tempat yang ada di objek wisata desa Batubulan:
  1. Lima lokasi untuk menonton tari Barong, tari barong dimulai pagi pukul 9:30 - 10:30 wita .
  2. Lima lokasi untuk menonton tari kecak, yang diadakan sore pukul 18:30 - 19:30 wita.
  3. Anda bisa mengunjungi tempat dan showroom batik.
  4. Ada pusat oleh oleh di daerah ini
  5. Di sepanjang jalan anda bisa melihat banyak pengerajin patung padas/batu.
  6. Agrowisata.
  7. Ada tempat pertunjukan genjek.
Untuk memgunjungi objek wisata desa Batubulan dan mendapat harga tour murah silahkan klik paket tour murah atau kalau anda memerlukan sewa motor kami juga sediakan dengan harga murah dan terjangkau.

Artikel Terkait

Objek Wisata Desa Batubulan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email