Seminyak

seminyak
Pantai seminyak
Seminyak merupakan suatu daerah yang terletak di kecamatan Kuta kabupaten Badung propinsi Bali. Seminyak hanya memiliki luas 2.06 km2 dan berpenduduk sekitar 4000 jiwa. Tidak dipungkiri lagi sekarang ini Seminyak menjadi daerah tujuan wisata yang sangat diminati baik oleh wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Seminyakpun tumbuh dan berkembang pesat hampir menyamai pantai Kuta dan legian. Menurut sebuah sumber di pencarian google kata kunci "Seminyak" sudah mengalahkan Legian tapi memang masih belum mengalahkan kata kunci yang menggunakan kata Kuta. Pertumbuhan Seminyak menjadi sedemikian pesat, banyak fasilitas kepariwisataan yang dibangun di Seminyak seperti hotel, villa, bar, restaurant, cafe dan lain sebagainya. Pantai Seminyak pun sangat ramai dikunjungi wisatawan.

ASAL USUL KATA SEMINYAK

Menurut beberapa sumber ada 2 versi asal usul kata Seminyak.
  1. Versi pertama yaitu pada jaman dulu pada waktu raja pemecutan menguasai wilayah Badung beliau mengijinkan "semeton" atau saudara beliau untuk membuka suatu daerah hutan yaitu daerah Legian dan Seminyak. Disini saudara raja mendirikan jero (istana). Untuk pembukaan hutan ini saudara raja ini diberikan rakyat untuk mengikuti beliau yang diambil dari daerah padang sumbu. Makanya sampai sekarang masih ada kekerabatan antara masyarakat Seminyak dengan Padangsumbu. Dan pada waktu itu diceritakan bahwa untuk pembangunan daerah dan jero ini "sami "(semua) rakyat "nyak" (mau) melakukan hal ini dan tidak ada perbantahan dan pertentangan. Jadi Seminyak berasal dari dua kata yaitu "sami" yang artinya semua dan "nyak"  yang artinya mau. Akhirnya daerah ini dinamakan Seminyak Yang artinya semua mau melakukan tanpa ada pertentangan dan perbantahan dalam membangun jero dan daerah Seminyak.

  1. Versi kedua berkaitan dengan pura Camplung tanduk yang ada di pantai Seminyak. Pada jaman pemerintahan dinasti gelgel di Badung datanglah Dang Hyang Nirarta di wilayah Badung. Dang Hyang Nirarta mengutus pengawalnya yang bernama Kebo Iwa untuk mendirikan pemujaan di daerah Camplung Tanduk. Tapi kemudian hanya disekitar pura ini tumbuhlah pohon camplung yang buahnya bertanduk. Dan dari buah ini diambil minyaknya yang bisa dipakai sebagai minyak urut atau minyak gosok, yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Maka dinakan daerah ini Seminyak karena minyak dari buah camplung yang memiliki tanduk ini bisa mengobati semua penyakit.
Tapi dari kedua versi ini mana yang diambil sebagai asal usul belum ada yang bisa memastikan. 

ARAH KE SEMINYAK

Dari bandara I Gusti Ngurah Rai keluar ikuti jalan besar menuju sunset road atau bisa juga masuk dari jalan raya Tuban ke utara atau bisa dari arah Legian ke utara. Menuju akses ini bisa menggunakan motor atau mobil baik pribadi atau sewaan yang terdapat di bali. Kalau memerlukan sewa mobil silahkan klik sewa mobil murah bali. Atau kalau memerlukan motor klik sewa motor bali.

OBJEK WISATA YANG BERDEKATAN
  • Kuta
  • Legian
  • Canggu

Artikel Terkait

Seminyak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email