Festival layang layang

festival layang layang
Festival layang layang


Festival layang layang atau Bali Kite Festival merupakan momen tahunan Bali yang banyak di tunggu tunggu oleh banyak wisatawan. Biasanya digelar pada musim angin yaitu sekitar bulan Juli - Agustus dalam setiap tahunnya. Layang layang ini sudah menjadi budaya hidup sebagian masyarakat Bali. Permainan layang layang adalah hobi yang digemari oleh berbagai kalangan di Bali, dari anak anak, tua, muda, laki laki maupun wanita.
Bukan hanya itu saja, menurut beberapa tokoh di Bali permainan layangan memiliki makna signifikasi religius yang dipersembahkan kepada Dewa Rare Angon. Rare Angon sendiri dipercaya sebagai pelindung persawahan petani masyarakat Bali sehingga sawah tidak terkena hama seperti wereng ataupun burung.

Festival layang layang ini dimulai tahun 1979 yang diikuti banyak peserta dari International Kite Flying Club.
Saat festival ribuan peserta dan pecinta layangan akan datang membanjiri arena serta membawa layangan dengan bebagai style, warna dan ukuran. Jenisnya umumnya layangan tradisional be-bean (berbentuk ikan), layangan janggar (berbentuk burung), layangan pecukan (berbentuk daun) dan layangan kreasi baru. Layangan ini akan menghiasi langit biru diiringi dengan gamelan gong Bali bertalu talu.
Ukuran layang layang ini berkisar 4m - 10m panjang. Layangan janggar memiliki ekor yang panjang, bisa mencapai 200m. 
Desain layang layang biasanya dengan warna hitam, warna putih dan merah seperti layang layang tradisional Bali kecuali layang layang kreasi baru.
Dalam mengikuti festival layang layang ini diikuti oleh banyak kelompok, satu kelompok anggotanya bisa mencapai lebih dari 10 orang, tapi tergantung juga ukuran layangannya. Kalau layangannya lebih besar anggotanya biasanya lebih banyak. Para kelompok ini akan bersaing dengan kelompok lainnya. 


Yang menjadi penilaian oleh para juri yaitu kreasi layangan itu, cara menaikkan layangan dan berapa lama layangan bertahan di udara. Kelompok terbaik akan memperoleh hadiah berupa piala dan uang.

Lokasi penyelenggaraan festival layang layang ini biasanya di pantai Padang Galak, Sanur, Bali.

Untuk anda yang tertarik menyaksikan festival layang layang silahkan hubungi kami untuk sewa mobil murah+driver.