Arung Jeram Sungai Ayung

LETAK DAN LOKASI
Sungai Ayung merupakan sungai terpanjang di Bali yang mengalir di sepanjang perbatasan antara kabupaten Badung disisi barat dan kabupaten Gianyar disisi timur.  Sungai Ayung berjarak sekitar 32 km dari pusat kota Denpasar atau sekitar 90 menit dari bandara I Gusti Ngurah Rai kalau kita menggunakan kendaraan bermotor atau mobil. Untuk mendapatkan kendaraan banyak terdapat sewa mobil murah di bali.

ARUNG JERAM DI SUNGAI AYUNG
Sungai Ayung merupakan sungai yang sangat bagus untuk ber arung jeram yaitu olah raga air yang menggunakan perahu karet menyusuri sungai yang airnya deras dan berbatu. Olah raga ini merupakan olah raga uji nyali dan ketangkasan.

Arung jeram (raffting) di sungai Ayung berlevel tiga yang merupakan level aman bagi pemula. Sungai Ayung merupakan tempat pertama kali di Bali yang dijadikan lokasi wisata arung jeram untuk umum.

Dengan debit air yang tetap standar dan deras sepanjang tahun menjadikan sungai Ayung salah satu tempat yang sangat cocok untuk berarung jeram. Sambil berarung jeram anda juga bisa melihat pemandangan yang indah disepanjang sungai yang merupakan daya tarik lainnya bagi wisatawan baik manca negara maupun dalam negeri.
Titik start point untuk sisi barat ada 6 titik yaitu :
  1. Di Desa Petang.
  2. Dusun Beng.
  3. Dusun Sangut.
  4. Dusun Buangga.
  5. Dusun Kesianan.
  6. Dusun Beng.
Untuk start point sisi timur adalah di daerah Sayan, Kedewatan.

PELAKSANAAN ARUNG JERAM
Arung jeram sungai Ayung dimulai pagi pukul 8:30 wita, dengan terlebih dahulu diberi pengarahan oleh instruktur, para wisatawan harap benar benar memperhatikan pengarahan yang diberikan dan kalau ada hal yang kurang dimengerti jangan segan segan untuk bertanya demi lancar dan amannya kegiatan ini. Setelah itu peserta diberi perlengkapan berarung jeram seperti :
  • Helm, sangat penting untuk menghindari kalau kalau terjadi benturan di kepala.
  • Pelampung, agar aman dan tidak tenggelam
  • Sandal sungai/air
  • Dan sebelum turun ke sungai ayung peserta harus melakukan pemanasan.
Di start point telah tersedia perahu karet yang akan dipergunakan berarung jeram. Kapasitas perahu adalah 5 orang dan setiap perahu ditemani oleh seorang instruktur yang berpengalaman. 
Jarak tempuh dalam berarung jeram sekitar 13 km dan ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam. Tapi ini tidak akan terasa karena sambil berarung jeram peserta dapat menyaksikan pemandangan di sepanjang sungai Ayung seperti sawah, air terjun, ukiran di batu sepanjang ratusan meter, tebing yang indah, dan di beberapa titik ada tempat untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan, dan biasanya ada masyarakat setempat yang menjual minuman dingin dipinggir sungai. Setelah sampai di finish point peserta mandi di tempat yang telah disediakan dan bisa dilanjutkan dengan makan siang dipinggir sungai.

KETENTUAN USIA  :
  • Minimal usia 6 tahun.
  • Maksimal usia 65 tahin.
PERLENGKAPAN YANG DIPERSIAPKAN PESERTA :
  • Pakaian ganti, untuk mengganti pakaian yang basah sewaktu berarung jeram.
  • Kamera, tentu anda menginginkan mengabadikan moment ini. ( Tanyakan cara bawa ke intruktur )
  • Sepatu sport atau sandal.
Untuk keperluan kendaraan menuju sungai ayung silahkan klik paket sewa mobil murah bali atau paket tour murah bali.