Pura Tanah Lot

pura tanah lot
Pura tanah lot
Pura Tanah Lot merupakan objek wisata Bali yang sudah sangat terkenal dan wajib untuk dikunjungi.
Pura tanah lot terletak di desa Beraban kecamatan Kediri kabupaten Tabanan Bali. Dari Kuta sekitar 1 jam 30 menit kalau perjalanan lancar. Menuju ke Tanah Lot tidak ada kendaraan umum jadi Bisa ditempuh dengan kendaraan sendiri atau menggunakan jasa transportasi. Kalau anda perlu jasa transportasi murah dengan driver yang berpengalaman silahkan liat paket tour bali di blog ini.

Ada 2 pura di Pura Tanah Lot satu yang ditengah pantai dan satu lagi yang terletak di tebing yang menjorok ke pantai. Pura Tanah Lot dibangun sekitar abad 16 Masehi oleh seorang Brahmana dari Jawa yang bernama Dang Hyang Nirartha.
Dalam perjalanan dari Jawa setelah melewati Rambut Siwi tibalah Dang Hyang Nirartha di daerah Beraban. Disini beliau beristirahat dan berhasil menguatkan kepercayaan masyarakat disana tentang hindu. Pengaruh beliau disini semakin meningkat dan banyak masyarakat beraban yang menjadi pengikut beliau. Pemimpin desa Beraban menjadi tidak terlalu suka dan menyuruh Dang Hyang Nirartha meninggalkan desa Beraban. Tapi pada akhirnya bendesa desa Beraban menjadi pengikut beliau juga. Brahmana mau meninggalkan desa Beraban tapi sebelumnya beliau berpesan kepada pengikutnya untuk mendirikan Pura di Tanah di tengah pantai, yang kemudian dinamai Pura Tanah Lot.

Dibawah pura ada gua gua yang dihuni oleh ular yang berekor pipih seperti ikan dengan tubuhnya berwarna hitam belang kuning. Ular ini jenis berbisa yang mempunyai bisa lebih kuat dari ular cobra. Tetapi ular ini jinak asal jangan diganggu. Ular ini dipercaya untuk menjaga Pura Tanah Lot.
Di sekitar pura juga ada mata air tawar, yang biasanya diambil oleh masyarakat untuk upacara keagamaan yang disebut tirta.

Pura Tanah Lot sendiri sudah memiliki fasilitas yang memadai untuk pariwisata. Disini sudah disediakan parkir yang luas, ada toilet, disekitar juga sudah tersedia tempat makan seperti bebek, ayam dan juga sea food. Disepanjang dari parkir menuju pura banyak terdapat kios kios yang menjual berbagai hasil kerajinan, lukisan, baju baju motif Bali dan lainnya. Juga disediakan mushola bagi yang memerlukan.

Jalur tour untuk Tanah lot biasanya digabung dengan tour Bedugul. Dengan urutan seperti:

  • Taman Ayun
  • Bedugul
  • Alas kedaton
  • Pura Tanah Lot

Tips untuk mengunjungi Pura Tanah Lot :
  • Sebaiknya tidak memakai pakaian yang terbuka.
  • Sebaiknya tidak memasuki daerah pura yang disucikan. Biasanya daerah yang disucikan dikelilingi pagar.
  • Pengunjung yang sedang haid sebaiknya tidak memasuki areal pura.
  • Kalau mengambil foto kebetulan ada orang lagi sembahyang sebaiknya tidak mengambil foto close up.
  • Mematuhi semua tanda tanda larangan yang dipasang.
Harga ticket masuk Pura Tanah Lot
Harga ticket masuk Rp 10.000/orang
Parkir mobil Rp 5000/mobil

Untuk transport silahkan hubungi rbelltour paket tour bali