Air terjun nungnung di bali

Air terjun nungnung di petang bali
Air terjun nungnung
Air Terjun Nungnung

Liburan mengunjungi Tempat Wisata di Bali yang menawarkan pesona Alamnya memang luar biasa, salah satunya adalah menikmati pesona wisata Air Terjun Nungnung di Kabupaten Badung Bali.


Sahabat traveler’s, bertemu lagi dengan rbelltour, kami berusaha menulis blog informasi seputar Wisata di Bali semoga bisa membantu anda yang merencanakan liburan ke Bali, yang kali ini akan me-review satu tempat wisata di Bali selain pantai nya yang indah, Air Terjun Nungnung.

Nah seperti apakah daya tarik wisata Air Terjun di Bali ini ? berapa harga tiket masuknya ? apa saja fasilitas wisata yang ada di sana ? dimana alamat/lokasi dan bagaimana rute jalan menuju ke sana ?

Yuk di bawah ini rbell akan ungkap semuanya secara detil bagi anda, semoga nantinya bermanfaat sebagai referensi anda mencari tempat wisata di Bali yang akan anda kunjungi saat liburan nanti.

AIR TERJUN NUNGNUNG

Sahabat rbell, bicara seputar Tempat Wisata Alam di Bali memang seperti tidak akan ada habisnya, sangat beragam dan semuanya menawarkan sisi eksotisme dan romantisme dari pulau dewata.

Popularitas wisata alam pulau dewata bukan hanya sebatas eksotisme Pantai Di Bali seperti Pantai Kuta, Pantai Sanur, Pantai Pandawa, Pantai Nusa Dua Bali dll.

Namun lebih dari itu, ada juga tempat wisata alam di Bali lainnya yang akan menawarkan pesona alam khas pulau dewata yang masih sangat alami, bersih dan udaranya segar.

Nah jika anda sedang mencari alternatif lain objek wisata di Bali yang menarik selain wisata Pantainya yang indah, maka mengunjungi tempat wisata air terjun di Bali adalah solusinya.

Salah satunya tempat wisata Air Terjun Nungnung, yang lokasinya berada di desa Plaga, Kecamatan Petang, tepatnya di ujung utara Kabupaten Badung, Bali Indonesia.

Lokasinya berjarak sekitar 50 kilometer dari ibukota provinsi Denpasar, atau menempuh waktu berkendaraan sekitar 1.5 jam untuk mencapai lokasi wisata air terjun ini.

Sahabat rbell Sejarah Tempat Wisata di Bali ini mulai dikenalkan atau dipromosikan sejak tahun 1996 yang lalu oleh pemerintah kabupaten Badung.

Saat ini sarana dan prasarana yang menunjang pariwisata Bali ini sudah cukup baik dan refresentatif, sehingga banyak wisatawan yang tertarik berkunjung ke sini.

Nah sahabat rbell, apakah anda mau tahu daya tarik wisata dari Air Terjun Nungnung di Kabupaten Badung ini sehingga anda wajib datang ke sini ?

Yuk lanjut saja di bawah ini.

DAYA TARIK WISATA AIR TERJUN NUNGNUNG BADUNG BALI

Sahabat rbell, Jika bertanya dimanakah tempat wisata yang menarik air terjun di Bali, maka sebenarnya tempat wisata air terjun di kabupaten Bulelang Bali adalah pusatnya.

Namun ada banyak juga objek wisata air terjun di Bali yang indah dan bagus lainnya selain di kabupaten Buleleng, seperti di Kabupaten tabanan, gianyar, jembrana dan tentu saja Badung.

Nah bicara seputar tempat wisata air terjun yang bagus dan indah di kabupaten Badung Bali yang wajib anda kunjungi adalah salah satunya Air Terjun Nungnung ini.

PESONA ALAM YANG EKSOTIS DAN ALAMI

Sahabat rbell, daya tarik pertama dari tempat wisata air terjun di Bali ini, sudah akan anda temukan dan nikmati sejak rute perjalanan menuju lokasi air terjun Nungnung ini.

Eksotisme alam dan letak air terjun yang berada di daerah pedesaan serta jauh dari perkotaan, membuat tempat wisata ini menjadi buruan wisatawan, baik lokal maupun turis asing.

Pemandangan alam sepanjang perjalanan tampaklah masih sangat alami, asri dan masih hijau dengan rindang pepohonan serta udaranya yang sejuk sangat menyegarkan.

Perjalanan anda akan semakin seru dimana anda juga bisa melihat dan mendengar suara gemercik air yang jatuh mengenai bebatuan.

Setibanya di lokasi, maka kepuasan anda semakin lengkap, karena anda bisa menyaksikan indahnya kabut tebal yang tercipta akibat hantaman air terjun dengan batuan di bawah lemban.

Sahabat rbell, wajar jika hal seru dan unik itu anda bisa rasakan, karena Air Terjun Nungnung ini sendiri lokasinya berada di atas ketinggian 900 meter diatas permukaan air laut.

Dan Air terjun yang ada di dasar lembah ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan jumlah debit air yang mengalirinya  cukup besar.

Kenyamanan anda akan semakin sempurna juga, ketika mata anda bisa menikmati vegetasi tanaman tropis khas dataran tinggi yang subur hidup di sini, seperti tanaman paku-pakuan.

SURGA DI LEMBAH YANG TERSEMBUNYI

Sahabat rbell, Air terjun Nungnung yang lokasinya berada di sebuah dasar lembah lumayan cukup curam, dengan kemiringan medan sekitar 50 – 60 derajat.

Tofografi alam kawasan air terjun ini adalah bertipikal tebing, yang mana di Bali tercatat saat ini hanya ada di dua lokasi, selain Nungnung juga ada Air Terjun Sekumpul.

Namun demikian, Air terjun ini masih dikatakan masih sangat bersahabat bagi para petualang pemula, dibanding menaklukan air terjun sekumpul yang bisa dikatakan lebih ekstrim.

Sesampainya anda di gerbang masuk, maka anda akan ditantang untuk menuruni jalur jalan yang curam dengan konstruksi beton yang sudah diberikan pegangan untuk keamanan pengunjung.

Tidak tanggung-tanggung, jumlah seratus anak tangga yang harus anda lewati tersebut dijamin akan menguji ketahanan nafas dan kekuatan lutut anda.

Namun demikian lepas dari rasa takut dan perjalanan yang melelahkan tadi akan terbayar dengan menikmati pemandangan alam saat dilintasi dan surga alam air terjun yang ada di lembah tebing ini.

JALUR TREKKING DI BALI YANG MENANTANG
Sahabat rbell, jalur rute jalan menuju ke lokasi Air Terjun Nungnung ini tergolong cukup jauh, yaitu sekitar 400 meteran.

Dengan demikian tempat ini sangat cocok anda kunjungi bagi anda yang gemar melakukan olah raga namun di kawasan alam terbuka, yaitu Trekking.

Sebelum menikmati keindahan alam dan segarnya air terjun ini, maka anda terlebih dahulu harus menyusuri areal pesawahan berbukit, anak tangga tangga yang banyak dan curam.

Bahkan sebelum anda tiba di lokasi air terjun ini pun, nanti anda harus terlebih dahulu melewati sebuah jembatan yang sangat tinggi, yaitu jembatan Tukad Bangkung.

Dari atas jembatan ini anda bisa melihat dan menikmati pemandangan indah di bawahnya berupa lembah hijau nan indah serta areal pesawahan dengan bukit di sekelilingnya.

Nah itulah sahabat rbell beberapa hal menarik yang harus anda ketahui dan menjadi alasan kenapa anda wajib datang ke tempat wisata air terjun di kecamatan petang kabupaten Badung Bali ini.

FASILITAS WISATA AIR TERJUN NUNGNUNG

Sahabat rbell, untuk memberikan kenyamanan kepada setiap pengunjungnya, pihak pengelola kawasan wisata ini telah melengkapi sejumlah sarana dan prasarana wisata.

Diantaranya adalah di sini sudah tersedia areal parkir yang luas, kemudian telah disediakan beberapa Gazebo ( Bale Bengong ) sebagai rest area serta toilet.

HARGA TIKET MASUK AIR TERJUN NUNGNUNG

Sahabat rbell, setiap pengunjung yang mau masuk ke kawasan air terjun ini, maka akan dikenakan tarif Rp.7.500 per orangnya.

ALAMAT AIR TERJUN NUNGNUNG

Desa Plaga, Kecamatan Petang, tepatnya di ujung utara Kabupaten Badung, Bali Indonesia.

JAM BUKA OBJEK WISATA AIR TERJUN NUNGNUNG

Sahabat rbell, objek wisata air terjun ini waktu operasionalnya adalah setiap hari, dan dapat diakses 24 jam sehari.

RUTE JALAN MENUJU AIR TERJUN NUNGNUNG

Sahabat rbell, untuk bisa mengakses tempat wisata ini transportasi yang bisa anda gunakan, bisa menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi atau sewaan. Untuk kendaraan umum agak kurang bahkan hampir tidak ada.
Namun saran dari rbelltour, jika anda mau berkunjung ke sini, maka gunakanlah kendaraan pribadi seperti sepeda motor yang bisa anda sewa atau anda bisa menyewa kendaraan.

Berikut rbelltour akan berikan contoh salah satu rute jalan menuju Air Terjun Nungnung dari arah Bandar Udara Internasional Ngurai Rai.

Dari Jl.Air Port Nguari Rai, arahkan kendaraan anda ke Jl.By Pass Ngurah Rai.
Selanjutnya ke Jl.Sunset Road – Jl.Imam Bonjol – Jl.Mahendradatta – Jl.Cargo Permai – Jl.I.Gusti Ngurah Rai – Jl.Majapahit/Jl.Petang/Jl.Raya Pucak Mangu di Petang.

TEMPAT WISATA AIR TERJUN DI BALI LAINNYA

Sahabat rbell, sudah saya jelaskan sedikit di atas, cukup banyak dan beragam tempat-tempat wisata air terjun di Bali yang bisa anda kunjungi saat liburan anda.

Nah ke depan, rbelltour akan me-review Objek wisata air terjun sangat terkenal di Bali lainnya, seperti Air Terjun Yeh Mampeh, Air Terjun Blematung, Wisata Air Terjun Kanto Lampo di kabupaten Gianyar dll.

TIPS WISATA MENGUNJUNGI AIR TERJUN NUNGNUNG

Sahabat rbell, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika hendak mengunjungi tempat wisata di kecamatan Petang, Kabupaten Badung Bali ini untuk kenyamanan anda.

Yang pertama adalah, selalu perhatikan keselamatan perjalanan anda ketika menuju ke lokasi air terjun ini atau ke tempat wisata di bali yang menarik mana pun juga.

Perhatikan bahwa jalur jalan menuju ke Air Terjun Nungnung, ada area jalan yang licin karena lumut, sehingga membutuhkan konsentrasi dan kewaspadaan anda.

Selanjutnya hal lain yang harus anda ketahui adalah kawasan kecamatan Petang Bali ini daerahnya cukup unik karena hampir setiap hari ada hujan, termasuk di kawasan air terjunnya.

Oleh karenanya, siapkan baju pengganti yang bersih dan kering, bawa juga jas hujan serta pakailah sepatu khusus untuk trekking yang tidak licin.

Hal lainnya, ketika anda mengunjungi air terjun ini, perhatikan tidak usah terburu-buru untuk segera sampai di lokasi, anda harus berpikir cermat menyimpan tenaga untuk bisa kembali ke atas kembali pulang.

Terakhir yang jangan dilupakan, bawalah perbekalan secukupnya jika mau ke Nungnung Waterfall Bali ini, seperti air minum dan makanan, terutama jika diperlukan saat anda diperjalanan.

Nah sahabat rbell, demikianlah informasi seputar Tempat Wisata di Bali yang menawarakn eksotisme wisata air terjun di desa Plaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung Bali, Air Terjun Nungnung.



LIHAT JUGA






Objek wisata sejalur

Komentar